Selasa, 22 Desember 2015

PEMPROV DKI DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK


DEFINISI INFORMASI PUBLIK 
Berdasar UU No 14 Tahun 2008


Informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya sesuai dengan Undang-Undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.



DEFINISI PEMOHON INFORMASI 
Berdasarkan UU No. 14 Tahun 2008


Pemohon Informasi Publik
Warga negara dan/ atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permintaan informasi publik
Hak Pemohon Informasi Publik
Setiap Orang berhak memperoleh Informasi Publik
Setiap Orang berhak:
üMelihat dan mengetahui Informasi Publik
üMenghadiri pertemuan publik
üMendapatkan salinan Informasi Publik melalui permohonan
üMenyebarluaskan Informasi Publik
üMengajukan permintaan Informasi Publik disertai alasan permintaan
Mengajukan gugatan apabila mendapat hambatan atau kegagalan

HAK DAN KEWAJIBAN BADAN PUBLIK
Berdasar UU 14 Tahun 2008

KEWAJIBAN BADAN PUBLIK:
  •     Menyediakan,memberikan dan/ atau menerbitkan informasi publik
  •     Menyediakan informasi publik yang akurat,benar, dan tidak menyesatkan.
  •     Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen.
  •     Membuat pertimbangan dalam setiap membuat kebijakan publik.
  •    Melaksanakan kearsipan dan pendokumentasian dengan memanfaatkan sarana yang ada.
  •     Setiap tahun umumkan (1) jumlah permintaan informasi yang diterima; (2) waktu yang diperlukan dalam memenuhi permintaan informasi; (3) jumlah pemberian dan penolakan permintaan informasi; dan/atau (4) alasan penolakan permintaan informasi.

HAK BADAN PUBLIK:
  •      —Menolak memberikan informasi yang dikecualikan.
  •     Menolak bila tidak sesuai dengan peraturan perundangan
  •     Informasi yang tidak dapat diberikan:

- Membahayakan negara.
- Yang berkaitan dengan kepentingan perlindungan usaha dari persaingan tidak sehat.
- Informasi yang berkaitan dengan hak pribadi
- Info yg berkaitan dengan rahasia jabatan.
       - Info yg diminta belum dikuasai atau didokumentasikan.

UPAYA PEMPROV DKI JAKARTA DALAM MENSUKSESKAN KIP
1.Sosialisasi melalui Kegiatan Peningkatan Pemahaman Kehumasan
  Jenis Kegiatan   : seminar
  Waktu penyelenggaraan   : 2010 dan 2012
  Khalayak sasaran   : Aparat pemerintah, masyarakat
 
  Hasil/Capaian:
  Kehadiran peserta 1000 orang/tahun dan tingginya animo peserta. Berdasarkan survey Universitas Mercu Buana dalam kegiatan tersebut tahun 2010, peserta seminar memiliki kesadaran positif dalam tataran afektif, kognitif, serta konatifnya terkait dengan fungsi dan wewenang kehumasan dalam pemanfaatan media demi kepentingan reputasi organisasi.
2.Kegiatan Tatap Muka Dengan Majelis Taklim &
  Tokoh Masyarakat
  Bentuk  : Dialog interaktif
     Waktu Pelaksanaan  : 2011
  Khalayak  : Masyarakat
  Hasil/capaian  :
  Kehadiran peserta 4600 orang/tahun. Tingginya animo peserta karena persoalan yang dibahas lekat dengan masyarakat.

3.Penyajian Informasi di Website
  A. Portal Resmi Pemprov DKI Jakarta WWW.JAKARTA.GO.ID
  Melalui Balai Warga, Email, Facebook, Twiter@jakartagoid, sms Gubernur Provinsi DKI Jakarta 02132881818
  B. Website Berita Resmi Pemprov DKI Jakarta WWW.BERITAJAKARTA.COM
    Melalui berita, Facebook dan Twitter @beritajakarta

KRITERIA INFORMASI DI UU KIP NO.14 Tahun 2008 DAN JENIS INFORMASI DI WWW.JAKARTA.GO.ID

KRITERIA INFORMASI DI UU KIP NO.14 Tahun 2008                                  JENIS INFORMASI DI WWW.JAKARTA.GO.ID

1. Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala                     - Aplikasi Informasi APBD
                                                                                                                          - Aplikasi Perangkat Daerah
                                                                                                                          - Aplikasi Program Kerja

2. Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta                                      - Aplikasi Pintu Air

3. Informasi yang wajib tersedia setiap saat                                                     -  Aplikasi Informasi Restribusi Daerah
                                                                                                                         - Aplikasi Informasi Transportasi
                                                                                                                         - Aplikasi Informasi Pajak Kendaraan Bermotor
                                                                                                                         - Aplikasi Bank Data
                                                                                                                         - Aplikasi Produk Hukum
                                                                                                                         - Aplikasi Nomor Penting
                                                                                                                         - Aplikasi Ensiklopedi Jakarta
                                                                                                                         - Aplikasi Balai Warga
                                                                                                                         - Aplikasi Kalender Kegiatan
                                                                                                                         - Aplikasi Banner
                                                                                                                         - Aplikasi informasi pendidikan

4. Informasi yang wajib tersedia setiap saat                                                     -  Aplikasi Layanan Kesehatan
                                                                                                                         -  Aplikasi Informasi Perizinan
                                                                                                                         -  Aplikasi Data berita media
                                                                                                                         -  Aplikasi Statment Record
                                                                                                                         -  Aplikasi Informasi Website Penting
                                                                                                                         -  Aplikasi Data UKM
                                                                                                                         -  Aplikasi Informasi Kependudukan
                                                                                                                         -  Informasi Kuliner di Jakarta
                                                                                                                         -  Aplikasi Hotel dan Akomodasi di Jakarta
AMANAH UU KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
1.Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
2.Pembentukan Komisi Informasi Provinsi
3.Klasifikasi  Informasi yang dikecualikan
4.Membangun mekanisme pelayanan informasi publik
IMPLEMENTASI UU KIP DI PEMPROV DKI JAKARTA
1. PembentukanPembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
2. Komisi Informasi Provinsi

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) (Peraturan Pemerintah RI No. 61 Tahun 2010)
1.Penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, dan pengamanan informasi
2.Pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku
3.Pelayanan Informasi Publik yang cepat, tepat, dan sederhana
4.Penetapan prosedur operasional penyebarluasan Informasi Publik
5.Pengujian Konsekuensi
6.Pengklasifikasian Informasi dan/atau pengubahannya
7.Penetapan Informasi yang Dikecualikan yang telah habis Jangka Waktu Pengecualiannya sebagai Informasi Publik yang dapat diakses, dan
8.Penetapan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil untuk memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik.
Dalam melaksanakan tugas, PPID dibantu oleh pejabat fungsional di Badan Publik yang bersangkutan.

Kriteria Informasi yang Dikecualikan
  •      Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon  informasi publik dapat menghambat proses penegakan hukum
  •        Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat mengganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan tidak sehat
  •       Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat membahayakan pertahanan dan keamanan negara
  •      Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat mengungkapkan kekayaan alam Indonesia
  •      Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat merugikan ketahanan ekonomi nasional
  •      Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat merugikan kepentingan hubungan luar negeri
  •      Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat mengungkapkan isi fakta otentik yang bersifat pribadi dan kemauan terakhir ataupun wasiat seseorang
  •      Informasi publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi publik dapat mengungkapkan rahasia pribadi.
MEKANISME PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
1.Pemohon informasi mengajukan permohonan informasi dengan mengisi Formulir Permohonan Informasi di PPID di SKPD Terkait, dengan melengkapi bukti identitas Pemohon yang sah, berupa:
  A. Pemohon Informasi Perorangan
FC KTP, SIM, Paspor atau Kartu Pelajar
 
  B. Pemohon Informasi Berupa Badan Hukum
FC KTP, SIM, Paspor atau Kartu Pelajar
Akta pendirian dan pengesahan badan hukum baik publik maupun privat, surat keputusan pengangkatan kepengurusan atau akta lain yang dianggap sah.
FC surat kuasa, dalam hal Pemohon didampingi kuasa
2. Jika persyaratan lengkap, Petugas Informasi mencatatkan nomor registrasi dan memberikan tanda terima kepada Pemohon.
3.  Jika permohonan tidak lengkap, akan dibalas secara tertulis untuk segera dilengkapi dokumen pendukung (diberi waktu 3 hari untuk melengkapi).
4.PPID di SKPD memiliki waktu 10 (sepuluh) hari untuk menjawab permohonan informasi.
5.PPID di SKPD memiliki  waktu tambahan untuk menjawab selama 7 (tujuh) hari dengan memberikan alasan secara tertulis.
6.  Pemohon dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Atasan PPID di SKPD dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah informasi tidak dipenuhi (UU KIP Pasal 35 dan 36). Formulir keberatan ini juga harus disediakan oleh PPID di SKPD.
7.  Jika pengajuan keberatan ke atasan PPID di SKPD tidak juga direspon, Pemohon  memiliki waktu 14 (hari) untuk mengajukan keberatan ke Komisi Informasi Provinsi (KIP). 
8.   KIP akan bersurat ke PPID di  SKPD sehubungan dengan pemanggilan mediasi.
9.   Mediasi ini harus selesai selama-lamanya 14 (empat belas) hari kerja sejak   pelaksanaan mediasi pertama.
10. Dalam hal mediasi menghasilkan kesepakatan, mediator membantu para  pihak untuk merumuskan kesepakatan perdamaian.
11. Dalam hal proses mediasi dinyatakan gagal, mediator akan menanyakan apakah Pemohon akan menempuh proses ajudikasi.
12. Proses ajudikasi harus selesai selama-lamanya 40 (empat puluh) hari kerja sejak pelaksanaan ajudikasi pertama.
13. Terhadap putusan Majelis Komisioner, SKPD dapat mengajukan ke pengadilan dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari sejak putusan diterima dan salah satu atau kedua belah pihak menyatakan secara tertulis tidak menerima putusan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar